20 Tips Mudah, Terbukti & Alami Menurunkan Berat Badan

Posted By : Posted on - 08.48.00 with No comments

Advertisement
Penurunan berat badan - Banyak sekali metode yang digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan atau kegemukan. Sepertikita ketahui bahwa kegemukan atau obesitas bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi dsb.

penurunan berat badan
Source Image: Authoritynutrition.com

Banyak orang mencoba metode menurunkan berat badan mulai dengan mengikuti terapi penurunan berat badan di klinik kesehatan, menggunakan obat obatan tertentu untuk membantu menurunkan berat badan, dan beberapa diantaranya juga memilih menggunakan cara cara alami untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa cara alami menurunkan berat badan yang terbukti bekerja secara efektif seperti dikutip dari situs kesehatan authoritynutrition.com:

Menambahkan lebih banyak Protein untuk menu diet anda

Tubuh Anda membakar kalori saat mencerna dan metabolisme protein yang Anda makan, sehingga diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan Anda lebih lama. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa orang-orang makan lebih dari 400 kalori lebih sedikit per hari pada diet protein tinggi. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti makan sarapan tinggi protein (seperti telur) dapat memiliki efek yang kuat.

Lebih banyak mengonsumsi makanan segar

Buah-buahan dan sayur-sayuran segar terbukti efektif mampu membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam keadaan segar. Penelitian membutkikan mengonsumsi buah dan sayuran masih segar (sebagai contoh salad) lebih baik dalam membantu menurunkan berat badan secara efektif dibandingkan buah atau sayur yang telah diolah. Sayuran, buah atau makanan segar lain yang tidak mengalami proses pengolahan akan menyediakan lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebanyakan makanan utuh secara alami sangat mengisi, sehingga jauh lebih mudah untuk menjaga dalam batas kalori yang sehat. Selanjutnya, makan makanan utuh juga menyediakan tubuh Anda dengan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan adalah makanan yang diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan makanan sesuai selera dengan memasak, menambahkan bumbu dsb. Biasanya makanan olahan ini akan lebih banyak mengandung tinggi gula, garam, minyak sehiingga makanan olahan akan lebih banyak mengandung lemak dan kalori. Terlebih lagi, makanan olahan direkayasa untuk membuat Anda makan sebanyak mungkin. Mereka jauh lebih mungkin menyebabkan makan adiktif seperti dari makanan yang tidak diolah.

Konsumsi makanan-makanan sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang Anda simpan di rumah sangat mempengaruhi berat badan dan perilaku makan. Dengan selalu memiliki makanan sehat yang tersedia, Anda mengurangi kemungkinan Anda atau anggota keluarga lain makan yang tidak sehat. Ini termasuk yogurt, buah utuh, kacang-kacangan, wortel dan telur rebus.

Batasi Asupan Gula

Makan banyak gula tambahan terkait dengan beberapa kategori penyakit berbahaya di dunia, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Rata-rata, orang Amerika makan sekitar 15 sendok teh gula tambahan setiap hari. Jumlah ini biasanya tersembunyi dalam berbagai makanan olahan, sehingga Anda dapat mengkonsumsi banyak gula tanpa menyadarinya. Meminimalkan asupan gula tambahan adalah cara yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

Lebih banya konsumsi air putih

banyak penelitian membuktikan kebenaran terhadap klaim bahwa air minum dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti kita ketahui bahwa racun, bahan kimia, toxic atau material berbahaya lain ditubuh kita akan diangkut dan dibuang oleh cairan yang akan dikeluarkan melalui keringat dan air seni. Penelitian membuktikan bahwa dengan mengonsumsi 0,5 liter (17 ons) air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar oleh 24-30% selama satu jam sesudahnya. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan asupan kalori berkurang, terutama bagi orang-orang setengah baya dan lebih tua. Air putih sangat baik untuk menurunkan berat badan ketika menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula. Perbanyak air putih dengan mengonsumsinya 8-9 gelas (1,5L) / hari akan membantu menurunkan berat badan anda secara alami.

Minum Kopi tidak berpemanis (Unsweetened)

Untungnya, orang menyadari bahwa kopi adalah minuman sehat yang sarat dengan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya selama itu dikonsumsi sesuai takaran yang dibutuhkan oleh tubuh. Minum kopi dapat mendukung penurunan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang Anda bakar. kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme Anda dengan 3-11% dan mengurangi risiko diabetes tipe 2 berkembang sampai 23-50%. Selanjutnya, kopi hitam adalah penurunan berat badan sangat ramah, karena dapat membuat Anda merasa kenyang tapi hampir tidak mengandung kalori. 2 gelas kopi/ hari adalah batas aman yang direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan.

Hindari Kalori Cair

Kalori cair berasal dari minuman seperti minuman manis ringan, soda, minuman berenergi, jus buah, susu cokelat dan sebagainya. Beberapa jenis minuman ini terbukti membantu peningkatan risiko obesitas. Satu studi menunjukkan peningkatan 60% drastis risiko obesitas di kalangan anak-anak, untuk setiap porsi harian dari minuman bergula.

Green Tea / teh hijau membantu menurunkan berat badan anda

Teh hijau adalah minuman alami yang sarat dengan antioksidan. Minum teh hijau terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Teh hijau dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4% dan meningkatkan pembakaran lemak selektif hingga 17%, terutama lemak perut berbahaya. Matcha teh hijau adalah berbagai teh hijau bubuk yang mungkin memiliki manfaat kesehatan yang lebih kuat daripada teh hijau biasa.

Lebih banyak konsumsi Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran sangat sehat, makanan alami yang cukup ampuh membantu penurun berat badan. Selain tinggi kandungan air, nutrisi dan serat, biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. Hal ini memungkinkan untuk makan porsi besar tanpa mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung berat badan berkurang.

Membuat jadwal harian

Menyadari apa yang Anda makan sangat membantu ketika mencoba untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa cara yang efektif untuk melakukan ini, termasuk menghitung kalori, menjaga buku harian makanan atau mengambil gambar dari apa yang Anda makan. Menggunakan aplikasi atau alat elektronik lain mungkin lebih bermanfaat daripada menulis di buku harian makanan.

Makan menggunakan piring yang lebih kecil

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan piring yang lebih kecil membantu Anda makan lebih sedikit, karena mengubah cara Anda melihat ukuran porsi. Orang-orang tampaknya untuk mengisi piring mereka sama, terlepas dari ukuran piring, sehingga mereka akhirnya menempatkan lebih banyak makanan di piring yang lebih besar daripada yang lebih kecil. Menggunakan piring yang lebih kecil mengurangi berapa banyak makanan yang Anda makan, sambil memberikan Anda persepsi makan lebih.

Makan Lebih Perlahan

Jika Anda makan terlalu cepat, Anda mungkin makan terlalu banyak kalori. Makan cepat jauh lebih mungkin untuk menjadi gemuk, dibandingkan dengan mereka yang makan lebih lambat. Mengunyah lebih lambat dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan berat badan.

Ganti dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa tinggi lemak disebut rantai menengah trigliserida, yang dimetabolisme berbeda dari lemak lainnya. Studi menunjukkan bahwa mereka dapat meningkatkan metabolisme Anda sedikit, sambil membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Minyak kelapa dapat sangat membantu dalam mengurangi lemak perut berbahaya.

Tambahkan telur ke Diet Anda

Telur mengandung rendah kalori, tinggi protein dan sarat dengan segala macam nutrisi. makanan tinggi protein telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang, dibandingkan dengan makanan yang mengandung sedikit protein. Makan telur untuk sarapan dapat menyebabkan hingga penurunan berat badan 65% lebih besar lebih dari 8 minggu, dibandingkan dengan makan bagel untuk sarapan. Hal ini juga dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori sepanjang sisa hari.

Konsumsi makanan pedas

Cabai, paprika dan jalapeƱos mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Capsaicin juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori.

Ambil probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup yang memiliki manfaat kesehatan bila dimakan. Probiotik ini meningkatkan kesehatan pencernaan dan kesehatan jantung, dan bahkan dapat membantu dengan penurunan berat badan. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung memiliki bakteri usus yang berbeda daripada orang dengan berat badan normal, yang dapat mempengaruhi berat badan. Probiotik dapat membantu mengatur bakteri usus yang sehat. Mereka juga dapat menghalangi penyerapan lemak dari makanan, sementara mengurangi nafsu makan dan peradangan. Dari semua bakteri probiotik, Lactobacillus gasseri menunjukkan efek yang paling menjanjikan pada penurunan berat badan.

Dapatkan Cukup Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup adalah sangat penting untuk menurunkan berat badan, serta untuk mencegah kenaikan berat badan di masa depan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur orang yang sampai 55% lebih mungkin untuk menjadi gemuk, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Jumlah ini bahkan lebih tinggi untuk anak-anak. Hal ini sebagian karena kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang mengarah ke regulasi miskin nafsu makan.

Makan Lebih banyak serat

Makanan kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung serat larut air dapat sangat membantu, karena jenis ini serat dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang. Serat dapat menunda pengosongan perut, membantu pelepasan hormon kenyang. Pada akhirnya, ini membuat kita makan lebih sedikit secara alami. Selain itu, banyak jenis serat dapat memberi makan bakteri usus ramah. bakteri usus yang sehat telah dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas. Hanya pastikan untuk meningkatkan asupan serat Anda secara bertahap untuk menghindari ketidaknyamanan perut, seperti kembung, kram dan diare.

Fokus pada Mengubah Gaya Hidup Anda

Diet adalah salah satu hal yang hampir selalu gagal dalam jangka panjang. Bahkan, orang-orang yang "diet" cenderung menambah berat badan dari waktu ke waktu. Alih-alih hanya berfokus pada penurunan berat, membuatnya menjadi tujuan utama untuk menyehatkan tubuh Anda dengan makanan sehat dan nutrisi. Makan menjadi lebih sehat, lebih bahagia tidak hanya untuk menurunkan berat badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"ARTIKEL TIPS PILIHAN PEMBACA"