10 Tips Efektif & Ampuh Menghentikan Kebiasaan Merokok

Posted By : Posted on - 12.49.00 with No comments

Advertisement
Tips berhenti merokok - Seperti kita ketahui bahwa merokok sangat merugikan kesehatan, tidak hanya bagi diri sendiri (perokok aktif) tetapi juga bagi mereka disekitar kita yang iikut terpapar asap rokok (perokok pasif). Bahkan perokok pasif 3 kali beresiko terhadap sejumlah penyakit yang bisa ditimbulkan daripada mereka perokok aktif. Dan menurut data penelitian terhadap bahaya asap rokok seperti diterbitkan dalam American Journal of tobaccos risk menyebut perokok pasif paling banyak adalah orang orang terdekat dari perokok aktif seperti pasangan, anak atau keluarga.

Banyak sekali penelitian kesehatan yang membuktikan dan menunjukkan bahwa merokok dapat berisiko tinggi terhadap sejumlah penyakit berbahaya seperti stroke, darah tinggi, serangan jantung, sejumlah kanker dan penyakit berbahaya lain. Perlu anda ketahui dalam sebatang rokok terdapat 4000 lebih zat atau senyawa kimia berbahaya dan setidaknya terdapat 60 material berbahaya bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Berikut adalah beberapa bahan atau material berbahaya dalam 1 batang rokok.

menghentikan kebiasaan merokok
Source Image:Quitsmokingcommunity.org

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4.000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil dan motor.
  • Dsb

Meskipun demikian, hanya tar dan nikotin saja yang dicantumkan dalam bungkus rokok sehingga tidak membuat perokok jera dengan resiko yang ditimbulkan. bahkan beberapa tahun terakhir gencar gencarnya kampanye antirokok yang dicanangkan pemerintah untuk menurunkan jumlah perokok aktif dan pasif dan salah satunya dengan memberi label dan gambar pada rokok dengan gambar yang cukup mengerikan, namun tetap saja peningkatan tidak terjadi secara signifikan.

Belum lagi jika dilihat dari kerugian ekonomi yang ditimbulkan dari pembelian rokok. Dan parahnya lagi perokok aktif menurut data yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan adalah mereka yang berada dalam ekonomi menengah kebawah. Jika Anda ingin berhenti merokok, Anda dapat membuat perubahan kecil untuk gaya hidup yang lebih sehat dan berikut adalah beberapa tipsnya seperti dikutip dari Stop Smoking Community:

# Niat untuk benar benar berhenti merokok
Sekeras apapun usaha yang dikeluarkan untuk berhenti merokok hal itu akan menjadi sia sia jika diimbangi dengan niat dan kemauan yang kuat. Hal pertama yang anda butuhkan ketika anda ingin berhenti merokok adalah niat dan kemauan yang kuat. Niatkan dalam hati anda bahwa anda ingin berhenti merokok dan lakukan dengan aksi yang penuh semangat, ketika anda mulai tergoda untuk merokok motivasi diri anda dan ingat kembali apa tujuan anda berhenti merokok.

# Lihatlah resiko yang timbul dari merokok
Ketika anda sudah memiliki niat untuk berhenti merokok, lihatlah resiko yang timbul dari aktifitas merokok untuk memotivasi diri anda. Resiko dari segi kesehatan baik untuk diri anda (perokok aktif) atau mereka orang orang yang anda sayangi, orang orang terdekat yang terbukti beresiko lebih tinggi (perokok pasif) seperti pasangan, anak, saudara, sahabat atau keluarga anda yang lain. Jika anda menyayangi mereka maka berhentilah merokok dari sekarang.

Tidak hanya terbukti beresiko terhadap kesehatna tetapi lihat juga kerugian ekonomi yang bisa ditimbulkan dari merokok. Tanyakan diri anda berapa uang yang anda habiskan untuk membali rokok /batang / hari/ minggu/ bulan/ tahun. Angka yang fantastis bukan? Jumlah uang segitu bisa anda alokasikan untuk kebutuhan lain seperti pendidikan, kebutuhan rumah tangga, mencicil rumah atau bisa anda simpan sebagai tabungan.

# Selalu berpikir positif
Anda mungkin telah mencoba untuk berhenti merokok sebelumnya dan tidak berhasil, tapi jangan biarkan hal itu membuat Anda "kapok" untuk mencoba lagi. Ketika anda sudah mulai tergoda untuk "mencicipi" rokok lagi ingatkan lagi poin no 1 dan 2.

# Membuat rencana untuk berhenti merokok
Membuat janji, menetapkan tanggal dan menaatinya. Anda bisa menempelkan tulisan atau gambar yang bisa anda lihat tiap saat seperti membuat catatan di gadget, komputer, meja kerja, cermin dan sebagainya sebagai pengingat anda harus berhenti merokok. Atau anda bisa membuat janji kepada sahabat, pasangan atau keluarga anda dimana ketika anda melanggar jadikan mereka saksi dan anda harus membayar denda seperti sejumlah uang. Taati janji tersebut, ketika anda melanggar anda harus bayar denda dsb.

# Mengurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat anda tergoda untuk merokok
Penelitian yang dilakuakan di USA menunjukkan bahwa makanan dan minuman tertentu bisa membangkitkan mood atau memicu anda untuk merokok. Minuman bersoda, beralkohol, cola, teh dan kopi semua membuat rokok terasa lebih enak. Jadi ketika Anda keluar, minum lebih banyak air putih atau yang lebih menyehatkan seperti jus buah, beberapa buah yang terbukti menurunkan mood anda untuk merokok adalah buah yang berasa asam seperti segala jenis jeruk, lemon dsb.

# Dapatkan dukungan untuk berhenti merokok
Dukungan dari orang orang terdekat atau orang orang orang yang anda sayangi terbukti ampuh dalam membantu menghentikan kebiasaan merokok. Motivasi diri untuk berhenti merokok demi mereka yang anda sayangi dan berbicarah dengan mereka orang orang yang anda sayangi untuk mendukung anda dalam menghentikan kebiasaan merokok.

# Berolahraga secara teratur / berlatih fisik
Menurut sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam NHS Uk melakukan aktifitas fisik atau berolahraga secara teratur mampu menurunkan mood anda untuk mengurangi rokok. Idealnya yang membuat orang ketagihan merokok adalah zat kimia nikotin yang terdapat pada rokok yang berefek rileks untuk pikiran. Nah ketika anda berolahraga secara teratur maka otak akan lebih banyak menghasilkan zat kimia yang disebut endorphin (senyawa kimia otak yang menciptakan rasa senang, rileks, bahagia, tentram dsb) dan hal itu terbukti mampu mengurangi ketergantungan terhadap rokok.

# Buatlah daftar alasan untuk berhenti
Selalu mengingatkan diri sendiri mengapa Anda membuat keputusan untuk berhenti merokok. Buatlah daftar alasan dan membacanya ketika Anda membutuhkan dukungan atau tergoda untuk kembali merokok. Sebagai contoh salah satu mantan perokok dalam Stop Smoking Comunitty bernama Chris, 28, mengatakan: "Saya pasang gambar bayi perempuan mungil saya di smartphone saya sebagai pengingat dan alasan saya memutuskan untuk berhenti merokok, ketika saya mulaikeluar jalur dan tergoda saya lihat kembali gambar tersebut dan hal itu terbukti berhasil untuk saya"

# Coba dan Coba Lagi
Banyak orang yang berusaha mencoba untuk berhenti merokok beberapa kali sebelum benar benar menghentikan kebiasaan merokok untuk selamanya. Jika Anda tergoda sesekali jangan berkecil hati dan segera memutuskan bahwa anda tidak bisa, tetapi kembalikan motivasi anda dan coba lagi untuk berhenti merokok. Sebaliknya, berpikir tentang apa yang menyebabkan Anda kembali merokok, cari alasannya dan temukan solusinya. Gunakan sebagai kesempatan untuk meningkatkan komitmen Anda untuk berhenti merokok.

# Bergaul dengan mereka yang bebas asap rokok
Ketika anda memutuskan berhenti merokok seringkali asap roko yang tercium memicu keinginan anda untuk merokok kembali semakin besar, untuk itu bergaulah dengan mereka yang bebas asap rokok yang akan menciptakan kondisi atau lingkungan yang mendukung anda untuk berhenti merokok. Bukan berarti anda tidak boleh berteman dengan mereka yang merokok, anda boleh berteman dengan siapa saja asal ketika teman anda merokok menjauhlah untuk beberapa saat untuk menghindari asap rokok yang bisa memicu keinginan anda untukkembali merokok. Tetap kuatkan niat dan tekad walaupun godaan untuk merokok semakin besar, semakin kuat tekad dan niat anda semakin besar peluang anda untuk berhenti merokok secara permanen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"ARTIKEL TIPS PILIHAN PEMBACA"