Tips Bermanfaat untuk Kehamilan Ibu & Janin Sehat

Posted By : Posted on - 10.19.00 with No comments

Advertisement
Kehamilan sehat - Kehamilan adalah masa masa "rawan" apalagi pada trimester awal, jadi sangat penting untuk menjaga kesehatan calon ibu ataupun janin yang dikandung. Perawatan yang tepat meningkatkan peluang Anda untuk kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar. Kehamilan adalah waktu yang ideal untuk mulai merawat benar-benar baik dari diri sendiri baik secara fisik dan emosional. Karena merawat diri sendiri baik secara fisik maupun emosional adalah cara terbaik untuk merawat janin yang anda kandung. Setiap orang tua pasti menginginkan kehamilan yang sehat, persalinan yang lancar serta bayi yang lahir dalam kondisi sehat bukan?

Tips Bermanfaat untuk Kehamilan Ibu & Janin Sehat
Source Image: Eisensteincenter.com

Nah bagi anda calon ibu saya akan berbagi tips atau sedikit panduan tentang bagaimana menjaga kehamilan yang sehat bagi para ibu hamil seperti dikutip dari sumber terpercaya beberapa diantaranya adalah Parents.com, Pusat Informasi Kesehatan Wanita Nasional US, American College of Obstetricians dan Gynecologists dan berikut panduannya:

# Selalu teratur cek dokter atau bidan sesegera mungkin

Segera setelah Anda mengetahui Anda sedang hamil, konsultasikanlah dengan dokter atau bidan terkait untuk mendapatkan perawatan antenatal yang tepat untuk Anda. Mengatur perawatan lebih awal berarti Anda akan mendapatkan nasihat yang baik untuk kehamilan yang sehat sejak awal. Anda juga akan memiliki banyak waktu untuk mengatur setiap scan ultrasound dan tes, serta penanganan kondisi kehamilan yang tepat  yang Anda butuhkan.

# Atur pola makan dengan baik

Setaip pakar kesehatan khususnya pakar kesehatan kehamilan dan janin pasti akan menyarankan makanan yang sehat danseimbang. Hal ini bertujuan selain menutrisi calon ibu, asupan makanan yang sehat dan bergizi juga dibutuhkan oleh calon bayi yang anda kandung. Berikut sedikit panduan konsumsi makanan yang sehat dan seimbang untuk ibu hamil:

  1. Setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.
  2. Mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat, seperti roti, pasta dan nasi, sebagai dasar dari makanan Anda. Jika memungkinkan pilih karbohidrat gandum bukan nasi putih, sehingga Anda mendapatkan banyak serat.
  3. Jangan lupakan porsi harian yang mengandung protein, seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, kacang-kacangan, dan beberapa susu dan produk olahannya.
  4. Dua porsi ikan dalam seminggu, setidaknya salah satunya harus berminyak. Ikan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, vitamin D, mineral dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan sistem saraf bayi Anda.
  5. Anda tidak perlu kalori ekstra untuk enam bulan pertama kehamilan. Dalam tiga bulan terakhir Anda akan membutuhkan sekitar ekstra 200 kalori sehari. Anda dapat menjaga tingkat energi Anda dengan makanan sehat.

# Jika memungkinkan ambil suplemen

Vitamin atau suplemen kehamilan bukanlah pengganti untuk diet seimbang. Tetapi suplemen ini dapat membantu jika Anda khawatir Anda tidak makan dengan baik, atau Anda terlalu sakit untuk makan banyak. Pastikan suplemen Anda mengandung 400 mikrogram (mcg) asam folat dan 10mcg vitamin D. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang masa depan bayi Anda. Mengonsumsi asam folat mengurangi risiko bayi Anda beresiko cacat tabung saraf seperti spina bifida. Jika anda masih ragu dalam mengambil suplemen kehamilan ini konsultasikan dengan dokter atau bidan terkait atau apoteker sebelum mengonsumsi suplemen antenatal. Jika Anda tidak mengambil multivitamin untuk wanita hamil, Anda dapat membeli asam folat dan suplemen vitamin D secara terpisah.

Jika Anda alergi atau enggan makan ikan, suplemen minyak ikan dapat membantu. Pilih suplemen yang terbuat dari tubuh ikan, tidak hati. Hal ini karena minyak hati ikan (seperti minyak ikan cod) mungkin berisi bentuk retinol vitamin A, yang tidak dianjurkan pada kehamilan.

# Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat apalagi untuk calon ibu dan janin yang dikandung, beberapa manfaat itu adalah:

Membangun kekuatan dan daya tahan. Ketika seseorang berolahraga secara teratur maka metabolisme tubuh akan meningkat dan hal ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga.
Membuat lebih mudah bagi Anda untuk kembali ke bentuk semula setelah bayi Anda lahir.
Meningkatkan semangat Anda dan bahkan membantu untuk menangkal depresi. Berolahraga dan berkeringat akan membantu otak memproduksi zat kimia yaitu endorphin, zat kimia otak yang bertanggung jawab menghasilkan rasa bahagia, senang , tentram dsb.

Beberapa olahraga pilihan yang baik & direkomendasikan oleh para pakar kandungan untuk kehamilan meliputi:

  1. Jalan cepat
  2. Berenang
  3. Mengikuti kelas aquanatal
  4. Yoga
  5. Pilates

Pastikan olahraga yang anda lakukan pada saat kehamilan tidak berolahraga beban atau olahraga yang berat dan pastinya terasa nyaman bagi Anda. Namun, jika olahraga tertentu Anda membawa risiko jatuh atau benturan, atau stres tambahan pada sendi, yang terbaik untuk berhenti. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda tidak yakin.

# Mulailah melakukan latihan dasar panggul / senam kegel

Otot-otot pada panggul ini mendukung kandung kemih, uterus, vagina dan bagian belakang. Otot otot ini bisa merasa lemah dari biasanya pada kehamilan karena tekanan ekstra saat kehamilan. hormon-hormon kehamilan juga dapat menyebabkan dasar panggul Anda mengendur sedikit. Otot panggul yang lemah menempatkan Anda pada risiko stres inkontinensia. Ini adalah ketika sejumlah kecil urin bocor keluar ketika Anda bersin, tertawa atau latihan. Memperkuat otot-otot Anda dengan melakukan latihan dasar panggul secara teratur selama kehamilan dapat membantu. Memiliki dasar panggul kencang dapat membantu kelahiran bayi Anda lebih lancar juga. Jika dilakukan dengan benar, latihan sederhana ini dapat membantu membuat persalinan Anda lebih mudah dan mencegah masalah di kemudian dengan inkontinensia.

# Stop kebiasaan buruk

Merokok, minum minuman beralkohol, minuman berkafein adalah beberapa contoh kebiasaan yang harus anda hilangkan ketika anda hamil. Alkohol yang Anda minum dengan cepat mencapai bayi Anda melalui aliran darah Anda dan plasenta. Tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti berapa banyak alkohol yang aman selama kehamilan. Itu sebabnya banyak ahli menyarankan Anda tidak boleh mengkonsumsi alkohol sama sekali saat Anda sedang hamil.

Ini sangat penting untuk menghindari alkohol selama trimester pertama, selama tahap ini dapat meningkatkan risiko keguguran. Hindari juga minuman seperti kopi, teh, cola dan minuman energi karena minuman ini adalah stimulan ringan. Ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak kafein dapat meningkatkan risiko keguguran. Ini juga berpikir mungkin bahwa terlalu banyak kafein dapat menyebabkan risiko memiliki bayi berat lahir rendah atau prematur.

Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, untuk Anda dan bayi Anda. Ini termasuk resiko peningkatan risiko:

  • Keguguran
  • Lahir prematur
  • Berat badan lahir rendah
  • Cot kematian (SIDS)
  • Merokok bahkan dapat berhubungan dengan hilangnya bayi saat lahir.
  • Mual dan muntah (morning sickness) yang diakibatkan asap rokok.
  • Kehamilan ektopik.
  • Solusio plasenta, di mana plasenta berasal dari dinding rahim sebelum bayi Anda lahir.

# Cukup beristirahat dan tidur

Kelelahan atau keletihan yang sering dialami oleh ibu hamil apalagi dalam beberapa bulan pertama adalah karena tingginya kadar hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh. Kemudian, itu cara tubuh Anda memberitahu Anda untuk memperlambat aktifitas atau lebih banyak beristirahat. Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang. Jika itu tidak mungkin, setidaknya menempatkan kaki Anda dan mencoba untuk bersantai selama 30 menit.

Jika sakit punggung yang mengganggu tidur Anda, cobalah berbaring di sisi kiri Anda dengan lutut ditekuk. Menempatkan bantal disekitar perut Anda dapat membantu meringankan tekanan pada punggung Anda. Olahraga juga dapat memberikan beberapa bantuan dari sakit punggung.

# Jangan pernah lupakan Makanan kaya zat Folat

Asam folat sangat penting untuk pengembangan yang tepat dari tabung saraf bayi (mencakup sumsum tulang belakang), dan itu penting untuk penciptaan sel darah merah baru," kata Frances Largeman-Roth, RD. Bahkan sebelum Anda mengetahui Anda hamil, dengan merencanakan untuk mulai makan banyak makanan yang kaya folat seperti sereal, asparagus, lentil, gandum, jeruk, dan jus jeruk adalah pilihan ibu cerdas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"ARTIKEL TIPS PILIHAN PEMBACA"