Tips Sehat & Alami Meningkatkan Tinggi Badan Ideal

Posted By : Posted on - 09.58.00 with No comments

Advertisement
Tips tinggi badan optimal - Kebanyakan orang akan menganggap bahwa memiliki tubuh tinggi ideal merupakan pendukung penampilan. Dengan tubuh tinggi ideal tentu mampu meningkatkan kepercayaan diri, bahkan beberapa bidang tertentu tinggi badan sangat mendukung seperti karir atau pekerjaan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang berhenti tumbuh optimal pada usia dua puluhan. Namun bagi anda yang sudah diatas usia tersebut jangan khawatir karena anda tetap bisa meningkatkan tinggi badan anda beberapa inci lebih tinggi saat ini dan seberapa tinggi Anda dapat tumbuh tergantung pada banyak faktor, yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Meningkatkan Tinggi Badan Optimal
Source Image: Stylecraze.com

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tinggi badan seseorang

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan Anda. Umumnya, faktor-faktor ini dapat dikategorikan menjadi sebagai berikut:

Faktor genetik

Beberapa studi membuktikan bahwa tinggi badan Anda ditentukan oleh faktor genetik, hal itu memang benar adanya tetapi tidak selalu terjadi demikian. Namun, jika kedua orang tua Anda pendek atau tinggi rata-rata, itu tidak berarti bahwa Anda akan memiliki tinggi badan yang sama dengan kedua orang tua. Tinggi badan seseorang bersifat poligenik, yang berarti bahwa itu dipengaruhi oleh berbagai gen. Sebagai contoh jika kakek anda tinggi dan kedua orang tua anda pendek maka kemungkinan anda bisa mewarisi tinggi badan dari kakek anda, tidak selalu orang tua pendek maka anda juga akan mewarisi tinggi badan yang pendek seperti kedua orang tua anda.

Tidak ada cara untuk secara akurat menghitung berapa tinggi optimal tubuh Anda dapat tumbuh hingga mencapai usia dewasa. Tapi Anda bisa menggunakan rumus sederhana ini untuk memperkirakan potensi tinggi badan optimal Anda: Tinggi badan diprediksi dalam inci =

Jumlah tinggi badan orang tua Anda (Ayah, ibu) + 5 inci :2 = (Kemungkinan tinggi badan optimal dalam inci) jika Anda seorang laki-laki

Jumlah tinggi badan orang tua Anda (Ayah, ibu) - 5 :2 =( Kemungkinan tinggi badan optimal dalam inci) jika Anda seorang wanita


Faktor non-genetik

Faktor non-genetik lainnya dapat berdampak pada potensi pertumbuhan Anda juga. Sebagian besar faktor-faktor ini ditentukan oleh lingkungan di saat tumbuh dewasa. Tinggi badan optimal dikaitkan dengan pertumbuhan. Jadi, faktor yang menghambat pertumbuhan juga akan memiliki efek yang sama pada tinggi badan Anda.

Beberapa faktor non-genetik yang akan mempengaruhi tinggi badan Anda meliputi:

  • Paparan asap tembakau selama perkembangan janin
  • Penyakit selama masa kanak-kanak atau pubertas
  • Kualitas pengasuhan atau postnatal
  • Berat badan lahir rendah

Cara Meningkatkan Tinggi Badan Optimal

Sementara banyak faktor yang menentukan tinggi berada di luar kendali Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai ketinggian optimal tubuh Anda. Tentunya untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal didapat dari proses dan waktu yang tidak sedikit. Berikut adalah cara atas untuk meningkatkan tinggi dan tumbuh lebih tinggi secara alami:

# Cukup istirahat (tidur) mampu Meningkatkan Tinggi badan

Banyak penelitian kesehatan menunjukkan bahwa usia remaja membutuhkan minimal 8 jam istirahat setiap malam, menjadi jauh lebih efektif untuk membantu pertumbuhan yang sehat. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting karena tubuh akan mengalami pertumbuhan dan meregenerasi jaringan selama istirahat (tidur). Otak kita melepaskan Hormon Pertumbuhan yaitu Human Growth Hormone (HGH) saat tubuh mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Jadi, jika tubuh tidak mendapatkan cukup tidur, ini akan mengakibatkan jumlah HGH yang diproduksi rendah sehingga mengurangi ketinggian maksimum tubuh.

Untuk mendapatkan kualitas serta kuantitas tidur yang baik sangat diperlukan apalagi untuk anak anak atau remaja yang berada dalam masa pertumbuhan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang cukup, pastikan untuk mengatur waktu tidur yang baik sehingga siklus tidur akan tetap terjaga, menciptakan lingkungan tidur yang kondusif untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik. Menghilangkan faktor-faktor yang dapat mengganggu tidur seperti lampu yang kuat dan suara berisik. Juga, hindari minum minuman berkafein sebelum tidur karena dapat mengganggu waktu tidur.

# Konsumsi Makanan yang sehat & seimbang

Untuk mendukung pertumbuhan yang tepat dan optimal maka penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang sepenuhnya. Kunci untuk makan sehat adalah untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, teratur dan seimbang dan menghindari junk food (makanan makanan siap saji). Untuk membantu mendapatkan asupan nutrisi penting untuk pertumbuhan maka berikut tips yang bisa anda coba:

Dapatkan Cukup Vitamin D
Vitamin D merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang yang sehat, terutama pada anak-anak. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan seperti ikan, produk jamur susu, telur, daging, alfalfa, tempe dan tahu atau dengan mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang cukup.

Dapatkan cukup Kalsium
Asupan kalsium juga sangat penting karena tulang membutuhkan nutrisi ini untuk tumbuh dan berkembang. Beberapa contoh sumber makanan yang kaya kalsium termasuk keju, kedelai, sarden, sayuran hijau, produk susu dan sereal.

Konsumsi makanan yang mengandung Zinc
Tingkatkan asupan zinc dengan makanan seperti kacang polong, asparagus, telur, cokelat dan tiram untuk lebih meningkatkan pertumbuhan yang sehat. Zinc sangat penting pada anak-anak karena kurangnya asupan zinc menyebabkan pertumbuhan terhambat.

Nutrisi Penting Lainnya
Nutrisi lain selain yang disebutkan di atas tidak boleh diabaikan juga karena mereka juga berkontribusi terhadap pertumbuhan yang tepat. Anda perlu karbohidrat untuk energi sel serta jumlah yang cukup protein untuk menyediakan tubuh Anda dengan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh.

# Jangan abaikan olahraga teratur

Berolahraga secara reguler atau teratur adalah salah satu cara terbaik untuk tumbuh lebih tinggi optimal. Anak-anak dan remaja selalu didorong untuk aktif secara fisik karena ini mendorong pertumbuhan. Jika tubuh aktif secara fisik, maka akan menuntut lebih banyak nutrisi. Akibatnya, peningkatan asupan gizi akan digunakan sebagai pertumbuhan. Berolahraga secara teratur juga membantu dalam merangsang hormon pertumbuhan. Beberapa olahraga terbaik yang dapat meningkatkan tinggi badan yang optimal adalah sebagai berikut:

  • Renang
  • Hanging Latihan (Rangen, bergantung dsb)
  • Peregangan
  • Sport ball (Bola voli, sepak bola, basket dsb)
  • Rope atau Rope Jumping

# Kebiasaan Berlatih Postur yang baik

Banyak orang memiliki postur tubuh yang buruk karena pembentukan kebiasaan buruk ketika duduk terlalu lama untuk bekerja pada komputer atau ketika mereka menggunakan gadget. Seiring waktu, kebiasaan ini menyebabkan sumsum tulang belakang membungkuk. Bentuk membungkuk akan menekan tubuh pada ketinggian normal Anda, membuat Anda tampak lebih pendek dari yang sebenarnya. Di sisi lain, postur tubuh yang baik menyejajarkan kepala dengan leher Anda selain meluruskan tulang belakang.

Ada banyak latihan peregangan yang dapat memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh kebiasaan duduk yang buruk. Latihan yang ideal untuk melakukan akan tergantung pada jenis kelengkungan tulang belakang tubuh Anda. Untuk mencegah kerusakan tulang belakang Anda, pastikan untuk berlatih menjaga kebiasaan postur yang baik. Kebiasaan postur yang baik membutuhkan waktu dan ada banyak cara untuk menerapkannya dalam rutinitas harian Anda. Beberapa hal yang bisa anda latih adalah sebagai berikut:

  • Terbiasa duduk yang baik.
  • Seringlah berganti posisi ketika menonton tv terlalu lama.
  • Terbiasa berjalan tegak tidak membungkuk.
  • Jika Anda sering menggunakan komputer atau gadget genggam lainnya seperti tablet dan smartphone, hindari menggunakan mereka untuk waktu yang terlalu lama atau sering-seringlah beristirahat. Kelelahan akan menyebabkan Anda untuk duduk di posisi yang aneh yang menempatkan tekanan yang tidak semestinya pada tulang belakang atau leher. Anda juga harus mendidik diri sendiri tentang ergonomi yang tepat saat menggunakan perangkat tersebut. Meskipun kebiasaan postur yang baik tidak akan membuat tumbuh Anda, mereka dapat sangat baik membantu Anda terlihat lebih tinggi.

# Menjaga Sistem Kekebalan tubuh Anda Kuat

Sistem kekebalan tubuh memainkan peran kunci dalam pengembangan tinggi badan Anda. Dengan sistem kekebalan yang kuat, penyakit akan sulit memperlambat kemajuan pertumbuhan tubuh. Mampu melawan penyakit ini sangat penting ketika Anda masih muda dan masih berkembang dan terus bertumbuh. Beberapa penyakit dapat menghambat pertumbuhan selama masa kanak-kanak atau pubertas, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan makan makanan yang sehat dengan biji-bijian, produk susu rendah lemak, protein, buah-buahan dan sayuran serta hindari junk food.

Jeruk dan buah-buahan seperti anggur, dan lemon sangat kaya akan antioksidan dan mereka membantu melawan efek merusak dari radikal bebas untuk menjaga tubuh bebas penyakit. Di sisi lain, makanan seperti ikan, minyak ikan cod dan kacang-kacangan menyediakan asam lemak omega 3 yang melimpah, yang dikenal untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

# Perbanyak Minum banyak air putih

Memperbanyak minum air putih daripada minuman ringan, soda, minuman mengandung gula akan dibutuhkan tubuh untuk tetap terhidrasi untuk mencapai potensi pertumbuhan optimal. Air putih meningkatkan pencernaan, flushes atau mengeluarkan racun, dan meningkatkan metabolisme Anda. Dengan demikian, hal itu akan berdampak langsung pada tinggi badan Anda. Anda memerlukan setidaknya 8 - 9 gelas air (1,5L) sehari untuk kesehatan optimal. Banyak cara lain untuk menjaga tubuh Anda tetap dehidrasi adalah dengan makan buah-buahan berbasis air dan hijau seperti semangka dan mentimun.

# Jauhkan diri anda dari Faktor yang menghambat Pertumbuhan

Inhibitor / faktor penghambat pertumbuhan tertentu dapat menjaga Anda dari mencapai ke ketinggian yang optimal. Beberpa kebiasaan buruk atau faktor penghambat pertumbuhan adalah sebagai berikut:

  • Hindari merokok, konsumsi minuman beralkohol dan obat obatan terlarang.
  • HIndari stres.
  • Hindari konsumsi kafein berlebihan dan minuman yang mengandung gula berlebih.
  • Hindari obat obatan yang mengandung steroid seperti obat asma dsb.

# Carilah Bantuan Medis

Seorang ahli kesehatan dapat membantu Anda menangani masalah tinggi badan dan meningkatkan peluang Anda tumbuh tinggi optimal. Dokter akan mengecek kesehatan anda, mendiagnosa beberapa penyakit yang menghambat pertumbuhan dan bisa memberikan solusi tepat untuk membantu meningkatkan tinggi badan yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"ARTIKEL TIPS PILIHAN PEMBACA"